Sabtu, 11 Agustus 2012

Fungsi Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet


Fungsi Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet yaitu komputer, modem, saluran telepon.
Perangkat keras yang digunakan untuk akses internet :
1. Komputer
2. Modem
3. Saluran Telepon
1.    Komputer :
Komputer digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain. Jika tidak ada komputer, maka aktivitas internet dan aktivitas lainnya tidak akan berjalan.
Agar dapat memanfaatkan akses internet, sebaiknya menggunakan spesifikasi komputer seperti terlampir :
Hardware di isyaratkan :
. Komputer:min. 486 DX(disarankan Pentium)
• RAM:min. 8 MB(disarankan 16 MB)
• Modem:min. 14.4 kbps(disarankan 33.6 kbps)
• Saluran telepon
Software disyaratkan
• Operating system: Minimal Windows 3.1
• Browser:Internet Explorer atau Netscape Navigator
• Dial-Up Networking
2.  Modem :
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Alat ini akan mengubah format data computer ke format data telepon sebelum data itu dikirim melalui kabel telepon. Sebaliknya, pada komputer penerima, data dalam format data telepon akan diubah kembali ke format data komputer. Letak Modem ini ada yang berada dalam kotak CPU (modem internal) dan ada juga yang berada di luar kotak CPU (modem eksternal).
3.  Saluran Telepon :
Pada bagian belakang komputer, terdapat line port yang digunakan untuk memasukkan kabel telepon yang ujungnya terdapat konektor, seperti yang biasa Anda masukkan ke phone port yang ada di pesawat telepon. Pada kebanyakan pesawat telepon, biasanya telah disediakan phone port tambahan yang dapat digunakan untuk memperoleh sambungan paralel ke pesawat telepon lain. Dengan menggunakan kabel telepon yang memiliki konektor di kedua ujungnya, Anda dapat memanfaatkan phone port ini untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon.

Peran Internet Servis Provider
Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan (service) hubungan ke jaringan internet. ISP ada yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset, dan lembaga pendidikan. ISP yang bersifat umum merupakan ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan internet untuk masyrakat luas, baik untuk pribadi maupun untuk kelompok, seperti suatu lembaga yang ingin terhubung dengan jaringan internet. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contoh ISP jenis ini adalah WasantaraNet, LinkNet, D-net,TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet. Perhatikan, tidak semua ISP dapat berhubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri (dunia) karena dana untuk tujuan tersebut sangat mahal. Oleh karena itu, hanya ISP besar yang mampu membangun jaringan internet dengan pihak luar negeri. Untuk menghemat dana, beberapa ISP yang bersifat tertutup tidak melakukan hubungan langsung dengan jaringan internet luar negeri, melainkan melalui ISP bersifat umum. Jadi, untuk menghubungkan diri ke tempat Internet, Anda perlu berlangganan ke suatu penyedia jasa layanan Internet (Internet Service Provider-ISP). ISP dianggap sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke Internet. Anda cukup mencari ISP yang berlokasi di kota tempat tinggal Anda.
Berikut ini adalah peran dan fungsi ISP:
1. Peranan ISP
Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain :
-Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
-Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
-Menyediakan modem untuk dial-up.
-Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
-Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
-Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
-Memberi tempat untuk homepage.
-ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
ISP mempunyai kelebihan dan kekurangan. ISP bertugas untuk memasang jaringan internet dikomputer. dan cara untuk daoat menjelajahi internet melalui komputer kita adalah kita harus menghubungi ISP dengan fasilitas telepon, cukup dendan menghidupkan modem, menekan tombol connect, kemudian komputer kita sudah terhubung dengan ISP. dan kita dapat menjelajahi dunia internet.

2.    Fungsi ISP
          Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar